Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa SD Negeri 200403 Padangsidimpuan

Siregar, Lanna Kholija (2024) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa SD Negeri 200403 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa SD Negeri 200403 Padangsidimpuan yang dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yaitu siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika. Sehingga dibutuhkan upaya guru untuk mengatasi kesulitan belajar matematika yang dialami siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja jenis-jenis kesulitan belajar matematika yang dialami siswa di SD Negeri 200403 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa di SD Negeri 200403 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru matematika pada kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI. Kemudian teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa siswa mengalami jenis-jenis kesulitan belajar matematika yaitu kesulitan dalam keterampilan perhitungan, kesulitan dalam memahami konsep, rumus, dan symbol, kesulitan dalam hal memecahkan masalah dan membaca, ksulitan dalam hal bahasa, kurangnya minat siswa dalam belajar matematika, dan kesulitan dalam hal mengingat. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa SD Negeri 200403 Padangsidimpuan. Antara lain yaitu, guru mendiagnosis kesulitan belajar matematika, memberikan bimbingan khusus dan tugas tambahan, mengulang materi sebelumnya dan mengaitkan materi, memberikan bimbingan pembelajaran remdial matematika, pemakaian media pembelajaran, dan pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Upaya; Guru; Kesulitan belajar; Matematika; Siswa; SD Negeri 200403; Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:41
Last Modified: 10 Jul 2025 05:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12264

Actions (login required)

View Item View Item