Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Manajemen kinerja dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Erwin (2024) Manajemen kinerja dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2030400011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kantor Urusan Agama merupakan lembaga pemerintahan yang bertugas melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementrian Agama di bidang urusan agama Islam dalam wilayah Kecamatan. KUA sebagai lembaga pemerintahan memiliki peran penting dalam memberikan layanan publik, khususnya dalam hal administrasi pernikahan, pencatatan nikah, dan pelayanan keagamaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menajemen kinerja dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sosopan?, bagaimana kualitas pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sosopan?, apa faktor pendukung dan penghambat pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sosopan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kinerja dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif degan menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi populasi penelitian dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kinerja di KUA Sosopan masih perlu ditingkatkan terutama dalam hal efisiensi pelayanan dan kompetensi sumber daya manusia. Beberapa faktor pendukung yaitu disiplin kerja dan SDM yang mumpuni dalam segi pendidikan faktor penghambat seperti keterbatasan sarana prasarana, jaringan yang kurang bagus, SDM (Pegawai) yang masih kurang dan kurangnya pelatihan bagi pegawai turut mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan. Saran dari penelitian ini adalah peningkatan pelatihan bagi staf KUA, optimalisasi sistem informasi pelayanan, serta perbaikan sarana dan prasarana untuk mendukung kinerja pegawai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Yuli Eviyanti, M.M.
Keywords: Manajemen; Kinerja; Meningkatkan; Kualitas pelayanan; Masyarakat; Kantor Urusan Agama; Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:37
Last Modified: 10 Jul 2025 05:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12261

Actions (login required)

View Item View Item