Nasution, Nur Zakiah (2024) Analisis aktivitas belajar siswa Kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SDN 200507 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500207.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS di SD Negeri 200507 Padangsidimpuan. Aktivitas belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan perubahan pengetahuan, nilai-nilai sikap dan keterampilan pada siswa sebagai latihan yang dilaksanakan secara sengaja untuk mencapai tujuan belajar jadi dapat disimpulkan bahwa bentuk aktivitas belajar merupakan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan dalam proses interaksi untuk mencapai tujuan belajar.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berupa siswa dan guru, serta objek yang dianalisis adalah aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi, observasi dilakukan tiga tahap yaitu pada kegiatan awal pembelajaran, inti dan evaluasi, sedangkan teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Aktivitas ini bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai berbagai aspek aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS. Dalam penelitian ini, aktivitas belajar siswa mencakup semua kegiatan yang mendukung proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka. Adapun faktor pendukung dalam Aktivitas Belajar yaitu Kurikulum Merdeka, minat dan bakat, media pembelajaran yang bervariasi, dan faktor penghambat aktivitas belajar siswa salah satunya yaitu sarana prasarana yang kurang memadai dan kurangnya kesadaran peserta didik . Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa di kelas IV SDN 200507 Padangsidimpuan termasuk dalam katelgori cukup baik dengan presentasinya 60,76 %. Ini menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD Negeri 200507 Padangsidimpuan telah menjalankan berbagai aspek atau indikator belajar , yang tercermin dari berbagai kegiatan yaitu: Siswa antusias mengikuti kegiatan dilakukan di kelas. Mereka menunjukkan rasa ingin tahu dengan mengajukan pertanyaan, mencoba memecahkan masalah, atau memberikan hipotesis berdasarkan pemahaman mereka. Siswa juga mampu memahami dan menjelaskan konsep-konsep IPAS secara mandiri atau melalui diskusi kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd dan Yenni Khairani Lubis, M.Sc |
Keywords: | Aktivitas belajar; Siswa Kelas IV; Pelajaran IPAS; SDN 200507 Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:22 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:22 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12251 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |