Aprilia, Nurul (2024) Pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan belajar fiqih siswa di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
NURUL APRILIA PDF_compress - Nurul Aprilia.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan belajar fiqih dikelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Adapun beberapa permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan belajar siswa setelah menggunakan media gambar di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar memiliki pengaruh terhadap kemampuan belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis desain pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan dan mengambil sampel sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen (VII-1) dan kelas kontrol (VII-2). Peneliti menggunakan soal untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui soal pretest dan posttest yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada skor rata-rata kelas kontrol setelah menggunakan media gambar. Nilai rata-rata kemampuan belajar kelas eksperimen sebelum menggunakan media gambar adalah 28,75 dan setelah menggunakan media gambar adalah 88,47 Sedangkan nilai rata-rata kemampuan belajar pretes kelas kontrol adalah 28,47 dan rata-rata posttest kelas kontrol adalah 78,19 Selain itu , peneliti juga melakukan uji-t dan peneliti menemukan bahwa t_hitung hasil belajar posttets lebih tinggi dari t_tabel (4,615>1,994). Oleh karena itu, hipotesis alternatif (H_a) dalam penelitian ini diterima dan hipotesis nol (H_o) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar memiliki pengaruh terhadap kemampuan belajar fiqih dikelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Fauziah Nasution, M.Ag. dan Fitri Rayani Siregar, M.Hum. |
Keywords: | Pengaruh penggunaan media gambar; kemampuan belajar; Fiqih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:03 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 03:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |