Harahap, Yulia (2025) Pengaruh memorable tourism experience terhadap niat berkunjung kembali dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2250200013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Fluktuasi kunjungan wisatawan ke Aek Sijorni, kurangnya variasi aktivitas wisata, fasilitas yang tidak memadai, kurangnya informasi destinasi, serta interaksi sosial yang kurang optimal menyebabkan wisatawan merasa pengalaman yang didapat tidak unik dan kurang memuaskan. Maka, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh memorable tourism experience terhadap niat berkunjung kembali ke destinasi wisata Aek Sijorni, serta peran kepuasan wisatawan sebagai variabel mediasi. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan teknik random sampling dan diperoleh 383 responden wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Aek Sijorni. Metode penelitian menggunakan Structural Equation Modeling – Partial Least Square dengan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memorable tourism experience berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan niat berkunjung kembali ke Aek Sijorni. Kepuasan terbukti memediasi hubungan memorable tourism experience dengan niat kunjungan ulang, menegaskan pentingnya pengalaman wisata dan kepuasan dalam membangun loyalitas wisatawan. Hal ini menegaskan pentingnya menciptakan pengalaman wisata yang unik dan menyenangkan untuk meningkatkan loyalitas wisatawan. Implikasinya adalah destinasi wisata harus menciptakan pengalaman unik melalui kebersihan, fasilitas memadai, dan program berbasis budaya lokal. Pengelolaan fasilitas yang baik, pelayanan ramah, serta interaksi positif dengan masyarakat lokal dapat meningkatkan kepuasan wisatawan dan mendorong loyalitas wisatawan. Oleh karena itu, pemerintah dan pengelola destinasi perlu meningkatkan kualitas layanan, melibatkan masyarakat lokal dalam kegiatan wisata, dan mengembangkan strategi pemasaran berbasis nilai budaya lokal. Dukungan infrastruktur serta pelatihan staf harus dioptimalkan untuk memastikan kenyamanan wisatawan dan meningkatkan daya saing destinasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL dan Dr. Utari Evy Cahyani, S.P., M.M |
Keywords: | Memorable tourism experience; Niat berkunjung kembali; Kepuasan; Variabel intervening |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 12:20 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 12:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |