Tanjung, Ramadan (2024) Pengembangan media pembelajaran tahfidz Qur’an dengan metode HAMUTABE (Hafal Mudah Tanpa Beban) di Asrama Putra Tahfizh Ponpes Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2250100015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran merupakan usaha yang dilakukan dalam memproduksi atau menghasilkan produk media pembelajaran yang dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana pengembangan media pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Hamutabe (hafal mudah tanpa beban) di Ponpes Musthafawiyah Kabupaten Mandailing Natal ? 2. Bagaimana tingkat validitas pengembangan media pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Hamutabe (hafal mudah tanpa beban) di Ponpes Musthafawiyah Kabupaten Mandailing Natal? 3. Bagaimana tingkat praktikalitas pengembangan media pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Hamutabe (hafal mudah tanpa beban) di Ponpes Musthafawiyah Kabupaten Mandailing Natal ? Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji validatas untuk mengukur tingkat kevalidan dan kelayakan media dan materi pembelajaran dan uji praktikalitas untuk mengukur kepraktisan penggunaan media pembelajaran berbasis Hamutabe pada pembelajaran Tahfidz. Hasil penelitian yang didapat bahwa : (1) pemanfaatan media Hamutabe masih jarang diaplikasikan pada pembelajaran Tahfidz karena cenderung menggunakan Tasmi’. (2) Tingkat kevalidan hasil pengembangan media pembelajaran yang diperoleh dari tim validator media dengan persentase 97% dengan kategori sangat valid dan validator ahli materi menunjukkan hasil sebanyak 95% dengan kategori sangat valid sehingga layak diaplikasikan dalam proses pembelajaran, (3) Tingkat kepraktisan hasil pengembangan media pembelajaran diperoleh dari uji praktikalitas guru dan hasil angket responden siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Dr. Hamdan Hasibuan, S.Pd.I., M.Pd |
Keywords: | Media pembelajaran; Tahfidz Qur’an; Metode HAMUTABE (Hafal Mudah Tanpa Beban); Asrama Putra Tahfizh; Ponpes Musthafawiyah Purba Baru; Kabupaten Mandailing Natal |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 12:19 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 12:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |