Nasution, Embin (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran beriorentasi pendekatan matematika realistik berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2150500010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah sangat penting untuk dimiliki siswa. Pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis telah lama dipandang sebagai aspek penting matematika dalam pengajaran matematika. Kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang disebabkan dari aktivitas pembelajaran dikelas yang selama ini masih menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap RPP dan LKPD yang digunakan guru matematika di MTs Negeri 3 Tapanuli Selatan RPP yang biasa digunakan guru kurang memberikan penekanan secara spesifik pada aspek kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Maka dari itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis validitas, praktikalitas serta efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTs Negeri 3 Tapsel. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Intrumen dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Untuk mengukur validitas menggunakan angket validasi ahli, untuk mengukur praktikalitas menggunakan angket guru dan angket siswa, serta untuk mengukur efektivitas menggunakan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kevalidan pertama untuk RPP 4,68 dapat dikatakan valid dengan kriteria lebih besar atau sama dengan 4 (≥4,0) dengan kriteria “valid”. Selanjutnya untuk perangkat pembelajaran berupa LKPD yang dikembangkan diperoleh 4,65 dapat dikatakan valid dengan kriteria lebih besar atau sama dengan 4 (≥4,0) dengan kriteria “valid”. Hasil analisis angket respon siswa persentase siswa yang menyatakan senang terhadap materi pelajaran mencapai 92,50%, aspek guru ini rata-rata persentase yang dicapai hingga 92,00%. Uji coba I persentase ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah matematik adalah di bawah 85%. Sedangkan pada uji coba II, persentase ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah matematik adalah diatas 85
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; Pendekatan matematika realistik; Etnomatematika; Pemecahan masalah; Matematis; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 01:38 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 01:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |