Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan media kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa Kelas 1 SD Negeri 100302 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Deliana (2024) Pemanfaatan media kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa Kelas 1 SD Negeri 100302 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas I SD Negeri 100302 Pargarutan. Hal ini terjadi dikarenakan beberapa faktor seperti kurangnya interaksi dengan guru, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai dan guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga terasa membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 100302 Pargarutan dengan memanfaatkan media kartu huruf. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 100302 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan dengan subjek penelitian kelas I yang berjumlah 13 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes membaca, dan dokumentasi. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 100302 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan siklus/pra siklus adalah 62,30 dan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 30,76% atau diantara 13 siswa di kelas I hanya 4 siswa yang tuntas. Pada siklus I pertemuan 1, nilai rata-rata kelas adalah 65,38 dan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 46,15% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa, pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas adalah 68,46 dan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 61,53% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1, nilai rata-rata kelas adalah 73,46 dan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 76,92% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa, pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas adalah 76,92 dan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 84,61% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa. Selain itu, peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan peneliti selama proses pembelajaran berlangsung. Data yang diperoleh dari siklus II sudah mencapai nilai harapan tertinggi yaitu 76,92 dengan persentase ketuntasan 84,61%. Adapun respon siswa terhadap penggunaan media kartu huruf dalam proses pembelajaranya itu siswa sangat suka karena dapat menumbuhkan minat dalam belajar sekaligus dapat mengembangkan semangat siswa untuk belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd.
Keywords: Media kartu huruf; Keterampilan; Membaca permulaan; Siswa; Kelas 1; SD Negeri 100302 Pargarutan; Kecamatan Angkola Timur; Kabupaten Tapanuli Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 13 Jun 2025 13:54
Last Modified: 13 Jun 2025 13:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12197

Actions (login required)

View Item View Item