Tulilmi, Fitra (2024) Upaya guru dalam meningkatkan kreativitas siswa menggunakan metode ekspresi bebas pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya di Kelas V SDN 200508 Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500144.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dilatar belakangi karena kreativitas siswa masih rendah dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya disebabkan kegiatan pembelajaran masih dilaksanakan dengan metode konvensional dan guru hanya menyuruh siswa untuk membuat karya. Suasana kelas menjadi tidak aman tanpa arahan, sehingga siswa tidak mampu menyelesaikan tugas karya yang diberikan dengan baik. Hal ini menyebabkan banyaknya siswa yang kurang berkembangnya kreativitas dan pengalaman siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi rendahnya kreativitas siswa, peneliti akan menggunakan metode ekspresi bebas dengan harapan mampu meningkatkan kreativitas siswa terutama dalam mata pelajaran SBdP. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan menggunakan metode ekspresi bebas dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakaryadi kelas V SDN 200508 Padangsidimpuan Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan metode ekspresi bebas pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya materi kolase di kelas V SDN 200508 Padangsidimpuan Tenggara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berupaya meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP. Sesuai dengan jenis penelitian inu, maka penelituan ini memiliki tahap-tahap penelitian berupa siklus.Adapun yang menjadi subjek peneilitian ini adalah siswa kelas V SDN Padangsidimpuan Tenggara yang terdiri dari 21 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan yaitu terkait upaya guru dalam meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan metode ekspresi bebas pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di kelas V SDN 200508 Padangsidimpuan Tenggara dapat meningkat hal ini dapat dibuktikan kreativitas belajar siswa pada siklus I pertemuan I masih rendah yaitu 50,4% sehingga perlu adanya pendalaman mengenai pelajaran yang diajarkan. Masih banyak siswa yang bingung dan kurang terampil dalam membuat karya. Setelah memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus sebelumnya maka dilanjutkan pada pertemuan siklus II kreativitas peserta didik sudah mengalami peningkatan yang baik dengan persentase 85,7%, siswa terlihat aktif dan kreatif dalam pembelajaran, dengan peningkatan yang diperoleh maka siklus diberhentikan pada siklus II. Jadi dapat dilihat bahwa adanya peningkatan kreativitas siswa dengan menggunakan metode ekspresi bebas pada materi kolase di kelas V SDN 200508 Padangsidimpuan Tenggara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Rahmadani Tanjung, M.Pd |
Keywords: | Guru; Kreativitas; Siswa; Metode ekspresi bebas; Seni budaya dan prakarya; Kelas V; SDN 200508 Padangsidimpuan Tenggara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 08:49 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 08:49 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |