Saputri, Widiya (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas V SDN 357 Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Masalah pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Banyak faktor yang menyebabkan mengapa hasil belajar siswa rendah. Salah satunya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan siswa dan kurang menarik atau strategi pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar IPA siswa Kelas V tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di SDN 357 Natal (2) Hasil belajar IPA siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di SDN 357 Natal (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN 357 Natal. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperiment desain (non equivalent control group design). Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas Kontrol yang berjumlah 54 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah dengan nilai rata – rata 77, 44. Hasil belajar pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah dengan nilai rata – rata 81, 29. Hasil uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 6,21> 2,14 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini membuktikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 357 Natal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran; Kooperatif tipe make a match; Hasil belajar; Siswa; IPA; Kelas V; SDN 357 Natal |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 02:07 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 02:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12178 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |