Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam membina kreativitas siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Kelas IV MIN 1 Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Putri, Septiani Fatimah (2024) Upaya guru dalam membina kreativitas siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Kelas IV MIN 1 Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500140.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Upaya Guru merupakan komponen terpenting ketika mengadakan kegiatan proses belajar mengajar disekolah. Walupun demikian, guru merupakan sosok yang ditiru, dan diteladani baik dari segi pengetahuan maupun kepribadian. Oleh karena itu, seorang guru sangat berhati-hati dalam bertutur kata dan bertingkah laku baik diluar sekolah maupun dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, upaya guru sangat penting dalam hal membangun imajinasi siswa shingga dapat menghasilkan suatu karya yang bagus. Guru perlu membina kreativitasnya sebagai upaya pembaharuan proses pembelajaran disekolah, seorang guru diharuskan mempunyai pandangan atau pendapat yang positif terhadap bagaimana menciptakan situasi dan kondisi belajar yang diharapkan, karena operasional gurulah yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran disekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mengungkapkan bagaimana upaya guru dalam membina krearivitas siswa pada pembelajaran seni budaya dan prakarya dan mengetahui kendala yang dialami guru dalam membina kreativitas siswa pembelajaran seni budaya dan prakarya di kelas IV A MIN 1 Kota Pinang Labuhan Batu Selatan. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah wali kelas dan Siswa Kelas IV A. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Merencanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tema, 2) Guru harus mempunyai strategi khusus dalam meningkatkan kreativitas siswa, 3) Belajar sambil bermain, 4) Menyediakan sarana dan prasarana, 5) Memberikan kebasan bagi setiap siswa dalam mengembangkan daya kreativitas – Nya, 6) Menggunakan media yang menyenangkan saat pembelajaran, 7) Memberikan motivasi kepada siswa, 8) Memberikan apresiasi kepada setiap hasil karya siswa. Adapun kendala- kendala dalam membina kreativitas siswa meliputi: kendala dari lingkungan siswa, proses pembelajaran dan kendala dari karakter siswa itu sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra.Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Guru; Kreativitas siswa; Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya; Kelas IV; MIN 1 Kota Pinang; Kabupaten Labuhanbatu Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 23 May 2025 09:37
Last Modified: 23 May 2025 09:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12137

Actions (login required)

View Item View Item