Simanjuntak, Betaria (2024) Analisis kemampuan kognitif siswa dalam menjawab soal pada materi pecahan di Kelas III SD Negeri 173243 Aek Botik. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500255.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian adanya permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan pecahan masih rendah. Hal ini dilihat dari hasil belajar matematika materi pecahan dimana nilai rata-rata yang diperoleh siswa belum mencapai nilai standar KKM. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan soal pecahan, bagaimana melihat keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika pada materin pecahan dan faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan kognitif siswa dalam menjawab soal pada materi pecahan. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 173243 Aek Botik yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 10 siswi dan 10 siswa. Dimana dalam penentuan sampelnya dilakukan secara sengaja (purposive sampling).Kemudian instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam bentuk analisis kualitatif deskriptif yaitu menganalisa dan menyajikan fakta secara sistematis. Adapun informan penelitian ini adalah siswa dan wali kelas III SD Negeri 173243 Aek Botik. Adapun hasil penelitian ini kemampuan yang dimiliki siswa di kelas III SD Negeri 173243 Aek Botik pada materi pecahan masih memiliki kemampuan yang rendah, hal ini dilihat dari hasil tes yang dilakukan bahwa dari 20 siswa hanya sekitar 30%siswa yang kemampuan tinggi. Dimana yang lulus dalam mengerjakan soal yang diberikan adalah 6 orang siswa. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif siswa adalah faktor internal dan faktor eksternal. Dimana faktor internal yang bersumber dari diri pribadi manusia yang meliputi : bakat dan intelegensi, minat, motivasi, dan kesehatan. Faktor eksternal yang bersumber dari luar diri manusia yang meliputi : faktor keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Muhammad Amin, M.Ag. dan Asriana Harahap, M.Pd. |
Keywords: | Kemampuan kognitif; Siswa; Materi pecahan; Kelas III SD Negeri 173243 Aek Botik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 16 May 2025 07:27 |
Last Modified: | 16 May 2025 07:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |