Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 200223 Padangsidimpuan

Sari, Asmalia (2024) Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 200223 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syahada Padangsidimpuan.

[img] Text
ASMALIA SARI pdf - Asmalia Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar sudah diterapkan di SD Negeri 200223 Padangsidimpuan sejak tahun 2022/2023 secara bertahap. Dalam penerapannya tidak terlepas dari permasalahan baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar pada kelas IV SD Negeri 200223 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa di SD Negeri 200223 Padangsidimpuan terdapat problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka pada perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pada kelas IV yaitu guru kesulitan menganalisis capaian pembelajaran pada saat membuat modul ajar, kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan laptop atau mengoperasikan laptop dengan baik, guru kesulitan dalam memahami dan mengelompokkan karakteristik siswa sesuai dengan kelompoknya, guru kesulitan dalam menentukan proyek kelas karena kurangnya alokasi waktu dan alat bahan yang dibutuhkan, materi ajar yang terlalu luas dapat membuat siswa kesulitan dalam memahami dan mengingat materi yang diajarkan, dan materi yang terlalu luas dapat memakan waktu yang lebih lama untuk disampaikan, guru kesulitan untuk menentukan asesmen yang akan digunakan karena perbedaan karakteristik dan kemampuan siswa di dalam kelas dan guru juga kesulitan dalam menentukan asesmen yang cocok dengan materi untuk pembelajaran berbasis proyek. Kata Kunci: Problematika, Guru, Kurikulum Merdeka Belajar. � ABSTRACT Name : Asmalia Sari Reg. Number : 2020500017 Title : Teacher Problematics in Implementing Merdeka Belajar Curriculum for Fourth Grade Students of SD Negeri 200223 Padangsidimpuan The Independent Learning Curriculum has been implemented at SD Negeri 200223 Padangsidimpuan since 2022/2023 gradually. In its implementation, it is inseparable from problems both in planning, implementation, and assessment. Therefore, this study aims to find out the problems of teachers in implementing the independent learning curriculum in grade IV of SD Negeri 200223 Padangsidimpuan. This study uses a qualitative approach with a descriptive type of research. Data collection is carried out by observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques are carried out by data reduction, data presentation, and conclusion drawn. Based on the results of this study, it can be concluded that in SD Negeri 200223 Padangsidimpuan there are problems for teachers in implementing the Independent Curriculum in planning, implementation, and assessment in grade IV, namely teachers have difficulty analyzing learning outcomes when making teaching modules, lack of teachers' ability to use laptops or operate laptops properly, teachers have difficulty understanding and grouping student characteristics according to their groups, Teachers have difficulty in determining class projects due to the lack of time allocation and tools needed, teaching materials that are too broad can make it difficult for students to understand and remember the material being taught, and materials that are too broad can take longer to deliver, teachers have difficulty determining the assessment to be used because of the differences in the characteristics and abilities of students in the classroom and teachers also have difficulty in determining assessments that match Materials for Project-Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Ade Suhendra, M.Pd. I
Keywords: Kurikulum merdeka;Problematika guru; SD Negeri 200223 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 08 May 2025 06:49
Last Modified: 08 May 2025 06:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12060

Actions (login required)

View Item View Item