Sihombing, Tiannum (2024) Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP dengan teknik ecoprinting di kelas III SD N 100820 Simpang Barumun Kab. Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
TIANNUM SIHOMBING PDF - Tiannum Sihombing.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP di kelas III SDN 100820 Simpang Barumun. Salah satu penyebabnya adalah guru belum sepenuhnya menerapkan model pembelajaran Project Based Learning di kelas, sehingga kreativitas siswa belum berkembang khususnya pembuatan proyek pada pelajaran SBdP. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP dengan teknik ecoprinting di kelas III SD Negeri 100820 Simpang Barumun Kab. Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP dengan teknik ecoprinting di kelas III SD Negeri 100820 Simpang Barumun Kab. Padang Lawas Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dengan dua pertemuan dan siklus II dengan dua pertemuan. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai guru sedangkan teman sejawat dan guru kelas berperan sebagai observer. Instrumen yang digunakan yaitu observasi aktivitas guru dan siswa dan unjuk kerja. Subjek penelitian ini adalah siswa kleas III SDN 100820 Simpang Barumun tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 19 siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas III SDN 100820 Simpang Barumun, diperoleh peningkatan. Peningkatan ini dilihat dari hasil unjuk kerja dari siklus I,dan siklus II mencapai nilai rata-rata dan ketuntasan kreativitas. Pada pra siklus kreativitas siswa berada pada kategori kurang sebesar 53,28 dengan persentase 21,05%, kemudian meningkat pada siklus I pertemuan I pada kategori cukup dengan rata-rata 64,96 dengan persentase 31,57%. Kemudian meningkat pada siklus I pertemuan II dengan kategori cukup dengan rata-rata 68,25 dan persentase 47,36%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I berada pada ketegori baik yaitu rata-rata 74,17 dengan persentase ketuntasan 73,68%. Dan pada siklus II pertemuan II dengan kategori sangat baik yaitu rata-rata 81,90 dengan persentase 84,21%. Jadi dapat dilihat bahwa ada peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP dengan teknik ecoprinting dengan menggunakan model Project Based Learning di kelas III SDN 100820 Simpang Barumun
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ali Asrun Lubis, S. Ag, M.Pd. dan Asriana Harahap, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran; Project based learning; Kreativitas siswa; SBdP; Ecoprinting; SDN 100820; Simpang Barumun; Kab. Padang Lawas Utara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani |
Date Deposited: | 02 May 2025 09:47 |
Last Modified: | 02 May 2025 09:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |