Nasution, Husni Mubarok (2025) Penerapan metode pembelajaran mauizotil hasanah dalam pendidikan akhlak santri di Ponpes Al-Hakimiyah Paringgonan Kabupaten Padang lawas Provinsi Sumatera Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020100185.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Al Mauizatul Hasanah merupakan suatu metode pembelajaran yang bertujuan untuk memberi kesan pada sasaran pendidikan bahwa juru pengajar adalah teman dekat yang menyayangi. Metode pembelajaran ini tujuannya membuat seseorang merasa dihargai sehingga membuatnya tersentuh. Lantaran, juru pengajar mengedepankan konsep kasih sayang dalam pembelajarannya tanpa membongkar atau membeberkan kesalahan orang lain. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti dalam Pasal 1 ayat (2) yang berbunyi “Penumbuhan Budi Pekerti yang selanjutnya disingkat PBP adalah kegiatan pembiasaan sikap dan perilaku positif di sekolah yang dimulai sejak dari hari pertama sekolah, masa orientasi peserta didik baru untuk jenjang sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan, sampai dengan kelulusan sekolah dalam pasal 2 ayat (2).Adapun rumusan masalahnya Bagaimana penerapan mauidzhatil hasanah dalam pendidikan akhlak santri di ponpes Al-Hakimiyah paringgonan. Apa kendala metode pembelajaran mauidzhatil hasanah dalam pendidikan akhlak santri di ponpes Al-Hakimiyah Painggonan. Jenis penelitian yang digunakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. sumber dari Sumber data primer dari pihak melalui wawancara kepada, guru, murid, dan siswa yang sekolah di Pondok pesantren Al-Hakimiyah Paringgonan yang berkaitan dengan informasi yang diperlukan penelitian ini. Kemudian data sekunder data yang mendukung sumber data primer atau data pelengkap. diperoleh dari jurnal, buku-buku, penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data Wawancara untuk mendapatkan keterangan-keterangan lisan dengan wawancara secara langsung, kemudian dokumentasi teknik pengumpulan data yang berwujud sumber data tertulis gambar. Hasil penelitian peneliti penerapan metode pembelajaran mauidzhatil hasanah di Pondok Pesantren Al-Hakimiyah Paringgonan masuk ke dalam kategori baik akan tetapi masih ada beberapa metode yang tiak berjalan diantaranya: pemberian petuah yang masih sangat jarang dan kurangnya dalam menyampaikan kisah-kisah yang terdahulu. Hal ini dikarenakan adanya beberapa kendala yang menjadi hambatan yaitu: adanya lepas kendali antara guru dengan murid, adanya rasa malas dari para santri, keinginan untuk melawan karena faktor psikologi dan orang tua yang tidak terima anaknya diberikan sanksi oleh guru. Inilah yang menjadi hambatan dari metode pembelajaran mauidzhatil hasanah di Ponpes Al-Hakimiyah Paninggoran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Muhammad Amin, M. Ag dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M. Ag |
Keywords: | Akhlak santri; Mauidzatul hasanah; Pondok pesantren. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:46 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |