Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi nilai-nilai etika bisnis Islam pada pedagang di Pasar Inpres Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan

Ritonga, Yana Safitri (2024) Implementasi nilai-nilai etika bisnis Islam pada pedagang di Pasar Inpres Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200203.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya implementasi etika bisnis Islam pada pedagang di pasar Inpres Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan, dilihat dari penerapan pedagang dari segi kualiatas barang, timbangan, dan pelayanan . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi etika bisnis Islam pada pedagang dari segi kualitas barang, timbangan, dan pelayanan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pedagang sembako yang muslim yang berjumlah 10 pedagang, teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, pengembangan infroman pada penelitian ini dilakukan sampai mengarah kepada titik jenuh (redudancy). Sumber data dalam penelitian menggunakan data primer yaitu pedagang sembako yang muslim.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik yang menjamin keabsahan data dalam penelitian ini yaitu teknik triangulasi yang bertujuan untuk meningkatkan keakuratan data. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam implementasi etika bisnis Islam pada pedagang di pasar Inpres dari segi kualitas barang, bahwa telah diimplementasikan dengan baik, barang yang dijual oleh pedagang berkualitas, transparansi pada kondisi barang yang dijual, dan layak dikonsumsi. Selanjutnya dari segi timbangan bahwa implementasi nilai nilai etika bisnis Islam belum sepenuhnya di terapkan oleh pedagang, karena masih terdapat beberapa pembeli yang mengembalikan barang yang dibeli kepada pedagang dengan alasan kekurangan timbangan. Sedangkan dari segi pelayanan implementasi etika bisnis Islam sudah diterapkan dengan baik, karena pedagang melayani pembeli dengan ramah tamah, sopan santun, selalu tersenyum, dan memberikan informasi yang jelas mengenai kondisi barang yang dijual kepada pembeli, serta mengutamakan kepuasan dan kenyamanan pembeli. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi etika bisnis Islam belum sepenuhnya diterapkan oleh pedagang, dikarenakan dari ke 3 etika bisnis Islam yang dteliti salah satunya belum diterapkan dengan baik oleh pedagang yaitu dari segi timbangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rosnani Siregar, M. Ag dan Idris Saleh, S.E.I., M.E
Keywords: Etika bisnis islam; Pedagang; Pasar Inpres Padangmatinggi; Kota Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 02 May 2025 09:31
Last Modified: 02 May 2025 09:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11993

Actions (login required)

View Item View Item