Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan LKPD berbasis inquiri berorientasi budaya lokal untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 1 Hulu Sihapas

Harahap, Awal (2024) Pengembangan LKPD berbasis inquiri berorientasi budaya lokal untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 1 Hulu Sihapas. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250500005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep sangat penting untuk dimiliki siswa. Pentingnya pemahaman konsep matematis telah lama dipandang sebagai aspek penting matematika dalam pengajaran matematika, dan pembelajaran matematika. Kurangnya pemahaman konsep matematis siswa yang disebabkan dari aktivitas pembelajaran dikelas yang selama ini masih menggunakan pembelajaran konvensional, tidak menekankan kepada pembelajaran bermakna, guru cenderung lebih aktif memberi, sedangkan siswa mendengarkan, mencatat dan tidak memberikan respon terhadap hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap LKPD yang digunakan guru matematika di SMP Negeri 1 Hulu Sihapas LKPD yang biasa digunakan guru kurang memberikan penekanan secara spesifik pada aspek kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Maka dari itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis validitas, praktikalitas serta efektifitas LKPD yang dikembangkan melalui inquiri berorientasi budaya lokal untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 1 Hulu Sihapas. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Intrumen dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Untuk mengukur validitas menggunakan angket validasi ahli, untuk mengukur praktikalitas menggunakan angket guru dan angket siswa, serta untuk mengukur efektivitas menggunakan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kevalidan pertama diperoleh 3,36 setelah direvisi menjadi 4,63 dapat dikatakan valid dengan kriteria lebih besar atau sama dengan 4 (≥4,0) dengan kriteria “sangat valid”. Maka dapat disimpulkan LKPD yang dikembangkan dalam penelitian ini valid dan memenuhi kebutuhan, dan komponen dan semua komponen harus secara konsisten dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis angket respon siswa persentase siswa yang menyatakan senang terhadap materi pelajaran mencapai 92,50%, aspek guru ini rata-rata persentase yang dicapai hingga 92,00%, dapat dikatakan semua aspek mendapatkan respon yang positif. Hasil analisis peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada uji coba I dan II menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep pada hasil posttest uji coba I adalah sebesar 79,25 meningkat menjadi 81,37 pada uji coba II.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Anita Adinda, M.Pd
Keywords: LKPD; Pemahaman konsep; Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:18
Last Modified: 24 Apr 2025 08:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11978

Actions (login required)

View Item View Item