Sianturi, Dina Silvia (2024) Penerapan model pembelajaran teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 1 Tapanuli Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500211.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena guru kurang memperhatikan atau tidak menggunakan model dan metode yang bervariasi dalam pembelajaran saat pembelajaran, dimana pembelajaran hanya berpusat kepada guru saja. Maka, perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran di kelas melalui penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih aktif di dalam kelas dan mendapat hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa meningkat setelah menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 1 Tapanuli Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan melaksanakan dua siklus, terdapat 2 kali pertemuan pada setiap siklus. Tiap satu siklus terbagi atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa pilihan berganda, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini ditujukan untuk kelas IV MIN 1 Tapanuli Utara yang terdiri dari 16 siswa, 8 laki-laki dan 8 perempuan. Hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya dan gerak di kelas IV MIN 1 Tapanuli Utara. Hal ini dibuktikan pada tes prasiklus dengan nilai rata-rata kelas 58,75 dengan ketuntasan sebesar 19% (3 dari 16 siswa). Siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 60,62 dan ketuntasan sebesar 38% (6 dari 16 siswa). Pada pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 68,75 dan ketuntasan sebesar 56% (9 dari 16 siswa). Dilihat pada kondisi siklus I dapat dikatakan cukup baik dari nilai pre-test. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 78,75 dan ketuntasan sebesar 69% (11 dari 16 siswa). Siklus II pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 85,62 dan ketuntasan sebesar 81% (13 dari 16 siswa). Dari siklus II data yang didapat telah mencapai nilai yang diharapkan dengan persentase paling tinggi yaitu 81%, sehingga penelitian ini bisa diberhentikan dengan nilai yang memuaskan. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 1 Tapanuli Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Wilda Rizkiyahnur Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Model pembelajaran; Teams games tournament; Hasil belajar siswa; Pembelajaran IPA; MIN 1 Tapanuli Utara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
Date Deposited: | 02 May 2025 02:45 |
Last Modified: | 02 May 2025 02:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11974 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |