Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan Media Torso untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia di Kelas V UPTD SD Negeri 19 Langgapayung Kabupaten Labuhan Batu Selatan

Pane, Nurlati Zamitun (2024) Penerapan Media Torso untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia di Kelas V UPTD SD Negeri 19 Langgapayung Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500198.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA padamateri sistem pernapasan manusia pada kelas V UPTD SD Negeri 19 Langgapayung. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang menoton dan guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media sehingga dapat membuat hasil belajar pada siswa rendah. Oleh karena itu untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat menggunakan meria TORSO yang dapat membuat pembelajaran ini mudah dipahami oleh siswa dan lebih efesien dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media TORSO di UPTD SD Negeri 19 Langgapayung, dan apakah ada peningkatan hasil belaja peserta didik dengan menggunakan medi TORSO?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media TORSO di UPTD SD Negeri 19 Langgapayung dan agar dapat mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media TORSO di UPTD SD Negeri 19 Langgapayung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrument penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Berdasrkan data hasul penelitian yang telah dilakukan, Hasil penelitian pada pembelajaran IPA dikelas V dapat diketahui dari sebelum dan sesudah dalam menggunkan media torso di UPTD SD Negeri 19 Langgapayung. Hal ini dapat dibuktikan dengan pemberian tugas individu dalam pertemuan prasiklus yang diberikan tugas postest dan dalam pertemuan ini hasil belajar siswa masih kurang dan masih banyak yang belum tuntas, siswa dapat mengetahui dan memahami materi dengan baik setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media TORSO tersebut, sehingga hasil belajar siswa meningkat pada siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 56,23 dan ketuntasan berjumlah 8 siswa dengan persentase ketuntasan 40%, dan siklus I pertemuan II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 71,5 dan ketuntasan berjumlah 15 siswa dengan persentase ketuntasan 75%, kemuadian pada silkus II peretmuan II hasil belajar siswa sudah lebih meningkat dibandingkan dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya dengan nilai rata-rata 89 dan ketuntasan siswa berjumlah 18 siswa dengan persentase ketuntasan 90%. Peneliti dapat mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media TORSO yang dimana dalam setiap pertemuan adanya peningkatan dari siklus I pertemuan I sampai pada Siklus II pertemuan II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Diyah Hoiriyah,S. Pd., M.Pd.
Keywords: Penerapan Media Torso; Hasil belajar siswa; Sistem pernapasan manusia; SD Negeri 19 Langgapayung; Kabupaten Labuhan Batu Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 25 Apr 2025 05:12
Last Modified: 25 Apr 2025 05:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11970

Actions (login required)

View Item View Item