Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media pembelajaran kotak ilmu untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 18 Gunung Tuleh

Dini, Rahma (2024) Pengembangan media pembelajaran kotak ilmu untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 18 Gunung Tuleh. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya minat belajar siswa terutama pada materi bagian-bagian tumbuhan, siswa kurang faham dengan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya, dan siswa juga kesulitan untuk membedakan antara kelompok tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil. Hal ini disebabkan karena guru kurang menggunakan media dalam proses pembelajaran. Maka peneliti mengembangkan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, membuat siswa senang dalam belajar, dan dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar yaitu berupa media pembelajaran kotak ilmu. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana tingkat validitas, praktikalitas dan efektifitas pengembangan media pembelajaran kotak ilmu dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD Negeri 18 Gunung Tuleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, dan praktikalitas dari penggunaan media kotak ilmu yang dikembangkan peneliti, serta untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran kotak ilmu materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya di SD Negeri 18 Gunung Tuleh. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau biasa dikenal dengan penelitian R&D (Reach and Defelopment) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analiAnalysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini telah dilaksanakan di SD Negeri 18 Gunung Tuleh dengan subjek uji coba produk di kelas IV SD berumlah 18 siswa. instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator dari 2 ahli yaitu ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 63%, 76%, 88%, dan dari ahli media diperoleh hasil persentase sebesar 78%, 100% maka total keseluruhan hasil persentase sebesar 94% dengan kategori sangat valid. Hasil minat belajar siswa terhadap media pembelajaran kotak ilmu yang dikembangkan dinyatakan praktis melalui lembar angket minat siswa dengan beberapa aspek yaitu aspek perasaan senang 77%, keterlibatan siswa 83%, perhatian siswa 83%, dari ketertarikan siswa 85%, dan skor penilaiannya dari keseluruhan aspek sebesar 82% yang kategorinya sangat Efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Misahradarsi Dongoran, M.Pd
Keywords: Media pembelajaran; Kotak ilmu; Minat belajar Siswa; Mata Pelajaran IPA; SD Negeri 18 Gunung Tuleh
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 25 Apr 2025 05:13
Last Modified: 29 Apr 2025 04:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11968

Actions (login required)

View Item View Item