Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar pada self directed learning di man Paluta desa Sigama

Harahap, Ainal Mardiah (2024) Analisis kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar pada self directed learning di man Paluta desa Sigama. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar pada self directed learning. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan secara kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 MAN PALUTA Desa Sigama yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, kemudian dipilih masing-masing 2 siswa dari tiap tipe gaya belajar visual, auditori, dan kinestik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket gaya belajar, angket kemandirian belajar siswa, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa terkait kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui self directed learning. Berdasakan Hasil penelitian, diperoleh 6 orang siswa memiliki gaya belajar visual, 10 orang siswa memiliki gaya belajar auditori, dan 9 orang siswa memiliki gaya belajar kinestik. Diperoleh hasil penelitian yaitu : (i) Siswa dengan gaya belajar visual yaitu FSS memiliki kemandirian belajar 61% dan RRS memiliki kemandirian belajar 70%, (ii) Siswa dengan gaya belajar auditori yaitu VK memiliki kemandirian belajar 66% dan SRH memiliki kemandirian belajar 62%, (iii) Siswa dengan gaya belajar kinestik yaitu WSH memiliki kemandirian belajar 68% dan PMS memiliki kemandirian belajar 71%, Berdasarkan analisis data kemandirian belajar siswa yang dibagi dalam tiga kategori yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah. Sehingga berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa masih tergolong sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M. Si dan A. Naashir M. Tuah Lubis, M.Pd
Keywords: Kemandirian belajar; Pembelajaran; Matematika; Gaya belajar; Self directed learning; MAN Paluta Desa Sigama
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010199 Pure Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 25 Apr 2025 05:09
Last Modified: 25 Apr 2025 05:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11967

Actions (login required)

View Item View Item