Rambe, Julyana (2024) Penerapan model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 100390 Sipiongot Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500100.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada pembelajaran IPA, hal ini dilihat dari rata-rata nilai ulangan siswa belum mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KMB). Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran karena gaya belajar cenderung monoton, kurangnya variasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini sejalan dengan rumusan masalah yaitu diharapkan dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas V SD Negeri 100390 Sipiongot. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sumber datanya 24 orang siswa, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar tes untuk mengukur siklus dan masing-masing siklus terdapat 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan setelah dilakukan tindakan berupa penerapan model pembelajaran Guided Inquiry, peningkatannya dapat dilihat dari perkembangan pembelajaran pada siklus pembelajaran yaitu, Pada pra siklus hasil belajar siswa mencapai 30%. kemudian di siklus I pada pertemuan Ke-I keaktifan belajar siswa mencapai 40% kemudian pada Siklus I Pertemuan Ke-II mengalami peningkatan menjadi 54%. kemudian disiklus II pertemuan Ke-I kekatifan belajar siswa meningkat menjadi 79%,pada siklus II pertemuan Ke-II keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Guided Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Wilda Rizkiyahnur Nasution, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran; Guided inquiry; Hasil Belajar; Pembelajaran IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 04:00 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 04:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |