Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan kuis dan game edukasi menggunakan aplikasi kahoot! pada pembelajaran barisan dan deret aritmatika di kelas XI SMA Negeri 3 padangsidimpuan

Siregar, Hotmaida (2024) Pengembangan kuis dan game edukasi menggunakan aplikasi kahoot! pada pembelajaran barisan dan deret aritmatika di kelas XI SMA Negeri 3 padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
Hotmaida Srg - Hotmaida Siregar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuis dan game edukasi menggunakan aplikasi kahoot! pada pembelajaran barisan dan deret aritmatika di kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Kuis dan game pada aplikasi kahoot! digunakan sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pembelajaran ADDIE yang berisi analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluate (evaluasi). Subjek uji coba dalam penelitian ini ada subjek ahli yaitu ahli media, materi, rencana proses pembelajaran (RPP), soal kuis dan game edukasi dan soal pre-test. Serta subjek penelitian ini peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan sebagai pengguna produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Angket ini digunakan untuk menilai media pembelajaran yang dikembangkan dari segi tampilan, isi dan manfaat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji coba lapangan menggunakan kuis dan game edukasi dengan aplikasi kahoot! termasuk dalam kategori sangat praktis. Setelah dilakukan revisi media, materi dan RPP, soal kuis dan game edukasi serta soal post-test hasil pengembangan kuis dan game edukasi termasuk kedalam kategori sangat praktis. Dengan demikian pengembangan kuis dan game edukasi menggunakan aplikasi kahoot! layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si. dan Dr. Anita Adinda, M. Pd
Keywords: Pengembangan kuis; Game edukasi; Aplikasi kahoot!;Pembelajaran barisan; Deret aritmatika; SMA Negeri 3 padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:54
Last Modified: 25 Apr 2025 04:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11946

Actions (login required)

View Item View Item