Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan

Dasopang, Elvi Yunita (2024) Pengaruh self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Dalam praktik pendidikan, hasil belajar sangat penting dan menjadi salah satu tolak ukur prestasi belajar. Keberhasilan dalam proses belajar dan mengajar dapat diukur dari hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Salah satu aspek penting dalam proses belajar adalah self regulated learning Akan tetapi pemanfaatan self regulated learning dalam belajar siswa SMP Negeri 2 Padangsidimpuan masih rendah. Self Regulated Learning yang belum optimal berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “apakah terdapat pengaruh yang signifikan Self Regulated Learning (SRL) terhadap hasil belajar matematika siswa?” sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh self regulated learning (SRL) terhadap hasil belajar siswa matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 670 orang. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik metode proportionate stratified random sampling yaitu sebanyak 45 yang terdiri dari 23 siswa kelas VIII dan 22 siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data bahwa self regulated learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan yang terbukti dari nilai F hitung > F tabel dengan nilai signifikansi kecil dari 0,05. Selain itu, perhitungan regresi linier diperoleh persamaan Y=68,963 +0,142X yang artinya nilai konstanta (a) sebesar 68,963 dapat diartikan jika self-regulated learning bernilai 0 maka hasil belajar matematika siswa bernilai 68,963. Koefisien determinansi penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan pengaruh variabel X terhadap Y variabel sebesar 12,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, M.Pd dan Dra. Asnah, M.A
Keywords: Self regulated learning; Hasil belajar; Matematika; SMP Negeri 2 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:55
Last Modified: 29 Apr 2025 03:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11940

Actions (login required)

View Item View Item