Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan kreativitas belajar matematika siswa dengan menggunakan metode guided discovery dan inquiry pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP N 1 Sipirok

Siregar, Fadila Hisana (2024) Perbedaan kreativitas belajar matematika siswa dengan menggunakan metode guided discovery dan inquiry pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP N 1 Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
Fadila Hisana Siregar pdf - Fadilah Siregar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas belajar matematika dengan menggunakan metode Guided Discovery dan Inquiry menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas siswa di sekolah tersebut dalam kategori rendah karena proses pembelajaran yang diterapkan belum melibatkan secara langsung siswa untuk berpikir secara mandiri serta tidak adanya kepercayaan diri dalam menyelesaikan sebuah tugas yang diberikan dalam pembelajaran. Siswa hanya berfokus pada contoh soal yang diberikan guru dan hanya menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari guru kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan kreativitas belajar matematika dengan menggunakan metode guided discovery dan inquiry, bagaimana kreativitas belajar matematika siswa dengan metode guided discovery dalam materi bilangan bulat dan bagaimana kreativitas belajar matematika dengan menggunakan metode inquiry dalam materi bilangan bulat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kreativitas belajar matematika dengan menggunakan metode guided discovery lebih baik daripada metode inquiry pada materi bilangan bulat. Jenis penelitian ini menggunakan metode desain eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah desain kelompok eksperimen pretest – posttest. Pengelompokan sampel penelitian dilakukan secara acak, kelas VII-1 (eksperimen 1) diajar menggunakan metode guided discovery dan kelas VII-2 (eksperimen 2) diajar menggunakan metode inquiry sebelum dan sesudah perlakuan diberi pretest dan posttest. Hasil penelitian dari analisis data diperoleh skor rata-rata yang diajarkan dengan metode guided discovery adalah 72,5 dan skor rata – rata yang diajarkan dengan metode inquiry adalah 70. Hasil penelitian dari perhitungan Uji t diperoleh t_hitung= 3,136 dan t_tabel= 0,409 dari kriteria pengujiannya adalah t_hitung> t_tabel artinya bahwa H_0 ditolak H_a diterima dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kreativitas belajar matematika siswa dengan menggunakan metode guided discovery dan inquiry pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP N 1 Sipirok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anita Adinda, S.Si., M.Pd. dan Lili Nur Indah Sari, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Kreativitas belajar; Matematika; Metode guided discovery; Inquiry; Materi bilangan bulat; SMP N 1 Sipirok
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 25 Apr 2025 05:05
Last Modified: 25 Apr 2025 05:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11934

Actions (login required)

View Item View Item