Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi model pembelajaran kolaboratif learning together pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 4 Kota Tanjungbalai

Daulay, Suffi Sawalika (2024) Implementasi model pembelajaran kolaboratif learning together pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 4 Kota Tanjungbalai. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100330 - Copy - Suffi Sawalika Daulay.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Learning Together pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negri 4 Kota Tanjungbalai”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan model kolaboratif learning together dalam pembelajaran, mengetahui hambatan yang terjadi saat proses pengimplementasian serta solusi dari hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisi data menggunakan koleksi data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif dengan tipe learning together sangat membantu guru dalam melakukan pembelajaran sehingga suasana kelas lebih aktif dan menarik bagi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kolaboratif ini sudah dilakukan secara maksimal dalam pembelajaran ditandai dengan keberhasilan guru menciptakan suasana belajar yang asik dan tidak membosankan dan melakukan langkah – langkah penerapan model yang sudah baik. Adapun faktor penghambat penerapan model ini adalah timbulnya rasa iri oleh salah satu teman yang merasa tidak adil dengan nilai yang rata sementara tugas itu hanya dikerjakannya sendiri, kurun waktu yang sedikit untuk mata pelajaran pendidikan agama islam tentu sangat menghambat pencapaian materi. Sehingga adapun solusi untuk hambatan tadi, peran guru sangat diperlukan untuk berlangsungnya pembelajaran dengan guru mengawasi serta memberi arahan diawal dan memberikan sanksi jika ada yang tidak mematuhi aturan saat proses pengerjaan tugas tersebut. Dengan begitu hasil kelompok tersebut akan maksimal jika dikerjakan bersama sama setelah itu akan dipersentasikan didepan kelas. Dengan berbagai kemampuan dalam iq mereka akan tetap berkolaborasi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Dengan begitu pembelajaran akan berjalan dengan baik. Dalam pembelajaran harus terjalin kerjasama baik antara murid dan guru maupun antara murid dengan murid agar pembelajaran tersebut dapat respon yang positif dari kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag, M.Pd dan Dr. Suparni, S.Si, M.Pd.
Keywords: Implementasi; Model Pembelajaran; Kolaboratif; Learning Together; Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Apr 2025 08:53
Last Modified: 22 Apr 2025 08:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11928

Actions (login required)

View Item View Item