Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi metode cerita dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah YPI Al-Imron Desa Martujuan Padang Lawas Utara

Harahap, Ummi Hayati (2024) Implementasi metode cerita dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah YPI Al-Imron Desa Martujuan Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
BEBAS PUSTAKA. UMMI HAYATI HARAHAP. NIM 2020100104 - Ummi Hayati Harahap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Metode kisah atau metode cerita adalah salah satu metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Metode ini melatih peserta didik untuk memahami dan menangkap daya ingat dalam memahami pelajaran. Metode cerita ini diterapkan dalam pembelajaran di MTS YPI Al-Imron untuk mempelajari pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) terkhususnya dalam bercerita serta mengamalkan dari kisah tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu peneliti menarik judul penelitian yaitu “Implementasi Metode Cerita dalanı Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah YPI Al-Imron Desa Martujuan Kabupaten Padang Lawas Utara” tujuan dan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, penilaian serta kekurangan dan kelebihan metode serita di MTS YPI Al-Imron Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field reseach) merupakan suatu penelitian kualitatif yang langsung mengambil data atau informasi secara langsung dan berlatar belakang di MTS YPI Al-Imron Desa Martujuan Kabupaten Padang Lawas Utara, pengumpulan data dilakukan secara observasi dan wawancara Sumber data penelitian ini ada dua vakni data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru mata pelajaran SKI dan juga murid dan data skunder diperoleh dan dokumentası pihak tata usaha madrasah. Analisis data disini ada tiga yaitu mereduksi data menyajikan data serta memverifikasi data yang telah diperoleh. Bisa disumpulkan 1.) Perencanaan metode cerita dalam pembelajaran SKI di MTS YPI AL-Imron Sudah cukup baik, perencanaan disusun dalam bentuk, RPP 2.) Pelaksanaan metode cerita dalam pembelajaran SKI di MTS YPI Al-Imron berjalan dengan baik dan efektif, karena pendidik sudah melakukan Langkah-langkah pembelajaran yaitu pendahuluan, inti dan penutup, pembelajaran serta peserta didik berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar, juga mampu mengikuti pelaksanaan pembelajaran dengan baik meskipun terdapat beberapa kekurangan. 3.) Penilaian metode cerita dalam pembelajaran SKI di MTS YPI Al-Imron dianggap sudah baik karena pendidik sudah mampu melakukan penilaian secara objektif berdasarkan hasil pengamatan dan dari penyampaian materi sampai dengan akhir pembelajaran 4) Kekurangan dan kelebihan metode cerita dalam pembelajaran sudah baik karena masih bisa dikondisikan oleh guru SKI tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag. dan Dr. Erna Ikawti, M.Pd.
Keywords: Implementasi; Metode Cerita; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Apr 2025 08:49
Last Modified: 22 Apr 2025 08:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11926

Actions (login required)

View Item View Item