Cahyani, Windi Dwi (2024) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di Kelas X SMK Negeri 1 Lumban Julu Kabupaten Toba Samosir. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020100309.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas X, strategi apa yang dipakai guru PAI pada saat pembelajaran berlangsung yang dimana siswa dikelas X terdapat banyak sekali siswa yang tidak fokus pada saat pembelajaran, tidak bisa bekerja sama pada saat pembelajaran kelompok dan juga tidak dapat menjawab pertanyaan guru ketika ditanya pembelajaran yang telah lalu. Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan yang menunjukkan rendahnya minat dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran yang berimplikasi pada pencapaian tujuan pembelajaran yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sttrategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini terdiri dari guru, kepala sekolah dan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk memahami strategi yang diterapakan guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa, dan melaksanakan pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan keaktifan siswa, seperti strategi penyampaian, strategi belajar kelompok, dan strategi pembelajaran individual. Selain itu penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar, termasuk faktor stimulasi belajar,yaitu segala hal di luar individu yang merangsang individu, faktor metode belajar, yaitu dalam proses belajar mengajar, metode yang digunakan guru akan mempengaruhi belajar siswa, dan juga faktor individual dalam mengajar, yaitu individual siswa yang sangat berpengaruh dalam aktifitas belajar siswa. Penelitian ini memberikan konstribusi teoritis dalam bentuk pengetahuan dan wawasan baru mengenai Strategi guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar di SMK, dan manfaaat praktis bagi guru, sekolah dan Lembaga pendidikan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag. M. Pd. dan Rayendriani Fahmei Lubis, M. Ag |
Keywords: | Strategi; Guru; Pendidikan agama Islam; Keaktifan belajar; Siswa; SMK Negeri 1 Lumban Julu; Kabupaten Toba Samosir |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 07:02 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 07:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |