Harahap, Sapitri (2024) Pengaruh penggunaan media Ecoprint terhadap perkembangan berpikir kreativitas pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya siswa di kelas V SDN 100280 Desa Parigi Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500233.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran dan berpikir kreativitas SbdP siswa kelas V belum optimal. Hal ini disebabkan proses pembelajaran masih dominan menggunakan metode konvensional (metode ceramah), menulis dan hanya berpedoman pada buku guru dan buku siswa yang disediakan oleh sekolah saja. Untuk mengatasi rendahnya berpikir kreativitas siswa dapat digunakan media ecoprint yang mengharuskan siswa lebih termotivasi dan bersemangat untuk belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh penggunaan media ecoprint terhadap kreativitas siswa pada pembelajaran seni budaya dan prakarya kelas V SD Negeri 100280 Desa Parigi Kecamatan Dolok Padang Lawas Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya Perkembangan Berpikir Kreativitas pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Siswa di Kelas V SD Negeri 100280 Desa Parigi Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara”. Hasil penelitian pada perkembangan berpikir kreativitas siswa pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) setelah melakukan praktek pembuatan batik dengan teknik cetak dengan menggunakan media ecoprint yang dilaksanakan telah terbukti mengalami perkembangan. Hasil pengaruh penggunaan media ecoprint terhadap perkembangan kreativitas siswa pada pembelajaran seni budaya dan prakarya siswa kelas V dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan variabel X berupa X1 sebesar 1580 dengan nilai rata-rata sebesar 75 sedangkan nilai variabel Y berupa Y1 sebesar 1920 dengan nilai rata-rata sebesar 91. Dengan demikian, jumlah nilai variabel X1Y1 sebesar 146000 dengan nilai rata-rata 6952. Selain itu, perbandingan nilai rxy yakni (0,775>0.433) dan (0,775>0, 0.549). Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) menyatakan ada pengaruh perkembangan kreativitas siswa pada pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) dengan menggunakan media ecoprint siswa kelas V SD Negeri 100280 Parigi diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rahmadani Tanjung, M.Pd. dan Asriana Harahap M.Pd. |
Keywords: | Perkembangan; Kreativitas; Media; Siswa; Ecoprint |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 02:47 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 14:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11923 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |