Sinaga, Sri Prameswari (2024) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Science Environment Technology and Society (SETS) pada Kelas V SDN 101504 Basilam Baru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500130.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas belajar siswa sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah di sebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran sehingga mengakinatkan siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Termasuk mengenai materi sistem organ pernapasan pada pembelajaran IPA. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara belajar siswa di dalam kelas pada pembelajaran IPA yang masih monoton dan masih berfokus kepada guru. Minimnya ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran karena kurang bervasiasi menggunakan metode pembelajaran ketika pembelajaran berlangsung sehingga menyebabkan siswa bosan, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, sehingga siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengimplementasikan model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan angket aktivitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101504 basilam baru, dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 19 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran SETS mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 orang siswa dengan persentase ketuntasan 31,57% dan jumlah siswa yang tidak sebanyak 13 orang siswa dengan persentase 68,43% dan aktivitas belajar siswa terlaksana sebanyak 52%. Siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang siswa dengan persentase ketuntasan 52,63% dan jumlah siswa yang tidak sebanyak 9 orang siswa dengan persentase 47,37% dan aktivitas belajar siswa terlaksana sebanyak 65%. Siklus II pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang siswa dengan persentase ketuntasan 68,42% dan jumlah siswa yang tidak sebanyak 6 orang siswa dengan persentase 31,58% dan aktivitas belajar siswa terlaksana sebanyak 79%. Siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 orang siswa dengan persentase ketuntasan 84,21% dan jumlah siswa yang tidak sebanyak 3 orang siswa dengan persentase 15,79% dan aktivitas belajar siswa terlaksana sebanyak 90%. Dengan demikian aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran Science Environment Technology And Society (SETS).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra Asnah, M.A. dan Yenni Khairani Lubis, M.Sc. |
Keywords: | Aktivitas; Hasil belajar; Model pembelajaran SETS |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 02:54 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 07:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |