Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pendidikan rabbaniyah dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan

Tanjung, Dewi Astika Sari (2025) Implementasi pendidikan rabbaniyah dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100013.Pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Pentingnya pendidikan rabbaniyah ini yakni sebagai pondasi manusia dalam menyikapi dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Dengan munculnya berbagai fenomena karakter dengan motif/ kasus yang berbeda-beda, sebagai bentuk nyata bahwa karakter seseorang itu mulai kurang diperhatikan. Seperti halnya bullying, kenakalan remaja maupun masalah broken home. Oleh karena itu, dalam membentuk karakter anak pastinya akan membutuhkan beberapa peran didalamnya, diantaranya peran dari orang tua, guru, dan masyarakat. Adapun studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyebab berubahnya karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan serta untuk mengkaji dampak dari implementasi pendidikan rabbaniyah kepada peserta didik di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait dengan penyebab berubahnya karakter peserta didik dan dampak implementasi pendidikan rabbaniyah dalam membentuk karakter peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab berubahnya karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan ada 2 faktor yakni, faktor internal yang timbul dari dalam diri sendiri. contohnya: tidak disiplin waktu, lalai/ceroboh, tidak konsisten dalam berbuat baik, ada keinginan untuk bolos, malas untuk belajar. Dan faktor eksternal yang timbul diluar diri seperti, mudah terpengaruh teman, pergaulan bebas dan tidak sebaya, pengaruh sosmed tanpa pantauan orangtua, serta sering terjadinya keluarga broken home yang membuat anak merasa kurang diperhatikan oleh orangtuanya. Sehingga Dampak implementasi pendidikan rabbaniyah dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan masih kurang terlaksana dengan baik, akan tetapi guru sudah mengimplementasikan karakter rabbaniyah ini. Namun peserta didik belum sepenuhnya mengaplikasikannya di kehidupan sehari-harinya. Seperti dalam hal disiplin waktu belajar, jujur, adil, menghargai teman. Oleh karena itu, pihak sekolah juga mendukung dengan berbagai kegiatan baik itu kegiatan keagamaan seperti yasinan, solat berjamaah, solat dhuha dan ekskul sekolah seperti Pramuka, Seni Baca Al Qur’an, hal ini dilakukan agar peserta didik mempunyai kegiatan yang positif dan bermanfaat serta berguna juga untuk diri sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A. dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd.
Keywords: Implementasi; Rabbaniyah; Karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Apr 2025 04:00
Last Modified: 17 Apr 2025 04:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11912

Actions (login required)

View Item View Item