Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan keputusan pembelian di Pasar Tradisional Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal

Ambati, Mei Lani Putri (2024) Determinan keputusan pembelian di Pasar Tradisional Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200143.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan dan tuntutan era globalisasi menimbulkan persaingan pada lapisan Masyarakat, baik dalam bentuk perdagangan maupun jasa. Perkembangan bisnis tidak dapat terlepas dari faktor meningkatnya jumlah penduduk, dan erat kaitannya terhadap perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di pasar Tradisional Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Produk yang ditawarkan dipasar tersebut lengkap mulai dari kebutuhan pangan, sandang, dan papan, tetapi sebagian besar konsumen melakukan keputusan pembelian di pasar Tradisional lain dan pasar modern. Harga yang ditawarkan relatif murah dan adanya persaingan harga, tetapi sebagian besar konsumen melakukan keputusan pembelian di pasar Tradisional lain dan pasar modern. Lokasi pasar Kotanopan yang strategis, luas dan mudah dijangkau, tetapi sebagian besar konsumen melakukan keputusan pembelian di pasar Tradisional lain dan pasar modern. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian di Pasar Tradisional Kotanopan. Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian di Pasar Tradisional Kotanopan. Untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian di Pasar Tradisional Kotanopan. Untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk, harga, dan lokasi secara simultan/bersamaan terhadap keputusan pembelian di pasar Tradisional Kotanopan. Keputusan pembelian adalah Tindakan/aktivitas yang dilakukan konsumen untuk memperoleh produk yang dibutuhan dan diinginannya. Kelengkapan produk adalah tersedianya semua jenis produk yang ditawarkan untuk dimiliki, dipakai, dan dibutuhkan konsumen. Harga adalah sejumlah uang tunai yang ditukarkan untuk mendapatkan produk yang dibutuhkan dan diinginkan. Lokasi adalah tempat/wilayah yang digunakan pedangang untuk menata dan menjualkan produknya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode analisis regresi berganda, dengan menggunakan SPSS versi 23. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Maka untuk mengetahui besarnya jumlah sampel, dengan menggunakan rumus Isaac Michel. Jumlah responden penelitian sebanyak 70 orang responden. Hasil penelitian, Kelengkapan Produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan Pembelian. Harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan Pembelian. Lokasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan Pembelian. Kelengkapan produk, harga, lokasi, berpengaruh secara simultan/bersamaan terhadap Keputusan pembelian di Pasar Tradisional Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I
Keywords: Keputusan pembelian; Kelengkapan produk; Harga; Lokasi; Pasar tradisional
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Diva Rahmadani Damanik
Date Deposited: 16 Apr 2025 08:24
Last Modified: 16 Apr 2025 08:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11897

Actions (login required)

View Item View Item