Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbandingan model pembelajaran inquiry learning dan problem based learning terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan

Harahap, Rizki (2024) Perbandingan model pembelajaran inquiry learning dan problem based learning terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang masalah seperti proses pembelajaran masih berpusat kepada guru mengakibatkan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa juga tidak fokus dalam belajar dan menjadikan siswa kurang memahami materi pelajaran matematika khususnya pada materi sistem persamaan linier dua variabel, hal ini mengakibatkan hasil belajar matematika beberapa siswa menjadi rendah dan tidak mampu mencapai standard kriteria ketuntasan minimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya terdapat perbandingan lebih baik antara model pembelajaran inquiry learning dan problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperiment dan desain yang dipilih adalah posttest only control desaign. Pupolasi pada penelitian ini adalah kelas VIII MTs Negeri 1 Padangsidimpuan dan sampelnya kelas VIII-1 menggunakan model pembelajaran inquiry learning dan kelas VIII-6 menggunakan model pembelajaran problem based learning, dimana masing-masing jumlah siswa perkelas sebanyak 32 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes soal posttest. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas,dan uji hipotesis menggunakan uji T untuk mengetahui apakah terdapat perbandingan lebih baik antara kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inquiry learning. Hal ini didapatkan berdasarkan hasil uji hipotessis dengan menggunakan uji t dimana nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,001 dan thitung sebesar 3,356, karena nilai signifikasinya < 0,05 dan thitung > ttabel (1,99897), maka Ho ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan terdapat perbandingan lebih baik antara model pembelajaran inquiry learning dan problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Dengan demikian, rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning sebesar 79.88 lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inquiry learning sebesar 72,38.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan A. Naashir M. Tuah Lubis, M.Pd.
Keywords: Model Pembelajaran Inquiry Learning; Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Diva Rahmadani Damanik
Date Deposited: 11 Apr 2025 05:08
Last Modified: 14 Apr 2025 09:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11884

Actions (login required)

View Item View Item