Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media pembelajaran pop-up book dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar di MTsS Al-Washliyah Bangun Purba

Maulidia, Nurul (2024) Pengembangan media pembelajaran pop-up book dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar di MTsS Al-Washliyah Bangun Purba. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih lemahnya pemahaman konsep siswa mengenai materi bangun ruang sisi datar sehingga siswa cenderung mengalami kesulitan dalam memvisualisasikan bentuk nyata bangun ruang sisi datar dan juga masih kesulitan dalam menyelesaikan soal yang dikaitkan dalam kehidupan nyata ataupun dalam bentuk soal cerita. Ketidakadadanya penggunaan media pembelajaran Pop-up Book dalam proses pembelajaran matematika merupakan titik awal untuk melihat keefektivan pada proses pembelajaran ketika menerapkan media pembelajaran Pop-up Book sebagai media pembelajaran tambahan. Instrument pada penelitian ini berupa wawancara, lembar validasi angket, lembar angket respon siswa dan guru dan tes pemahaman konsep. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. media pembelajaran Pop-up Book dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada materi bangun ruang sisi datar sub pembahasan prisma segitiga dan limas segiempat dikembangkan melalui tahap validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. media pembelajaran Pop-up Book diuji cobakan kepada kelas VIII-1. Subjek uji coba dilakukan di MTsS Al-Washliyah Bangun Purba yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Pop-up Book yang dikembangkan telah divalidkan oleh validator dari 3 ahli yaitu ahli media, materi dan Bahasa dengan kumulatif hasil kevalidannya yaitu sebesar 0,83 dengan presentase 83% dengan katagori sangat valid. Sedangkan kumulatif hasil kepraktisan media yaitu sebesar 0,85 dengan presentase 85% dengan katagori sangat valid. Selanjutnya pemahaman siswa mengenai bangun ruang sisi datar pada sub pembahasan prisma segitiga dan limas segiempat yang dilihat dari hasil pretest dan posttest menggunakan N-Gain Score dengan hasil 0,50 kriteria sedang (efektif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Media pembelajaran; Pop-up Book; Pendekatan konstruktivisme; Pemahaman konsep; Bangun ruang sisi datar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Diva Rahmadani Damanik
Date Deposited: 11 Apr 2025 05:07
Last Modified: 14 Apr 2025 09:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11882

Actions (login required)

View Item View Item