Mardiyah, Ainun (2024) Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di Kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020200011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Perubahan kurikulum pada dasarnya merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan pendidikan. Di Indonesia kurikulum telah diubah dimulai pada tahun 1947 hingga tahun 2013, perubahan kurikulum di Indonesia terjadi lagi di tahun 2022 yaitu Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang dirancang untuk memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam mengembangkan program pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika, serta faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran matematika kelas VII, dan peserta didik kelas VII. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses implementasi Kurikulum Merdeka meliputi perencanaann, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Perencanaan pembelajaran yang meliputi penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS), perancangan alur tujuan pembelajaran, dan perencanaan pebelajaran; pelaksanaan pembelajaran, dilaksanakan dengan metode yang bervariasi yang disesuaikan dengan materi yang diajakan pada siswa, serta penilain dalam penilaian pembelajaran yang digunakan guru yaitu asesmen formatif, dan asesmen sumatif. Faktor pendukung implementasi kurikulum meredeka, yaitu 1. sarana dan prasarana sekolah yang memadai seperti penyediaan fasilitas dan buku yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka, 2. adanya musyawarah bulanan dalam komunitas belajar untuk membahas Kurikulum Merdeka, 3. penggunaan teknologi dalam pengajaran oleh sebagian guru, 4. keterampilan guru dalam mengajar dan menggunakan teknologi, 5. dukungan dari pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu 1. pemahaman guru tentang Kurikulum Merdeka yang belum maksimal, 2. keterampilan dan kemampuan sebagian guru dalam menggunakan teknologi yang masih terbatas, 4. resistensi sebagian guru terhadap perubahan kurikulum, 5. kurangnya minat belajar peserta didik pada pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd |
Keywords: | Kurikulum Merdeka; Pembelajaran Matematika; Kelas VII; SMP Negeri 2 Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 08:12 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 08:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |