Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model mind mapping dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SD Muhammadiyah Sorik Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Jernih Rezekina (2024) Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model mind mapping dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SD Muhammadiyah Sorik Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena kurangnya penggunaan model sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Termasuk mengenai materi bagian- bagian tumbuhan dan fungsinya pada pembelajaran IPA. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara belajar siswa di dalam kelas pada pembelajaran IPA yang masih monoton dan masih terfokus kepada guru. Minimnya ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran karena kurang bervariasi menggunakan metode pembelajaran, ketika pembelajaran berlangsung sehingga membuat siswa merasa bosan, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, sehingga peserta didik kurang aktif saat proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Peneliti mencari model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Muhammadiyah Sorik Kabupaten Tapanuli Selatan, menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan tema 3 peduli terhadap makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi dengan guru wali kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Sorik Kabupaten Tapanuli Selatan, dengan subjek penelitian kelas IV yang berjumlah 16 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan butir soal. Analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dengan presentase ketuntasan 37,5% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 orang dengan presentase 62,5%. Siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang dengan presentase 62,5% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 6 orang dengan presentase 37,5%. Pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 orang dengan presentase 75% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang dengan presentase 25%. Sedangkan pada siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang dengan presentase 87,5% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 orang dengan presentase 12,5%. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Syafrilianto, M.Pd dan Ade Suhendra, M.Pd.I
Keywords: Hasil belajar siswa; Mind mapping; Pembelajaran IPA; Kelas IV; SD Muhammadiyah Sorik; Kabupaten Tapanuli Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 11 Apr 2025 08:19
Last Modified: 14 Apr 2025 08:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item View Item