Sari, Linda (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar Kelas VIII di SMP N 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020200025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran buku saku berbasis augmented reality dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar, kurangnya variasi dalam proses pembelajaran serta kurangnya melibatkan media teknologi dalam pembelajaran matematika di SMP N 8 Padangsidimpuan. Selain hal tersebut penggunaan sumber belajar yaitu buku paket yang memuat materi pembelajaran menurut kebanyakan peserta didik terkadang sulit untuk dipahami serta guru sebagai sumber utama belajar menjelaskan materi dengan bantuan papan tulis sebagai media sehingga menurut sebagian siswa pembelajaran menjadi membosankan. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan berdampak pada kemampuan pemahaman konsep peserta didik menjadi rendah atapun lemah khususnya pada materi bangun ruang sisi datar yang membutuhkan media visual dalam memahami materi tersebut. Sehingga perlu adanya inovasi dalam penggunaan media guna menciptakan suasana yang lebih menyenangkan bagi siswa dan dapat membantu dalam memahami materi pembelajaran khususnya materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Media pembelajaran buku saku berbasis augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar dikembangkan melalui tahap validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Media ini di uji cobakan kepada siswa kelas VIII-1 di SMP N 8 Padangsidimpuan yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku saku berbasis augmented reality telah divalidasi oleh 3 ahli yaitu ahli media sebesar 86 % (sangat valid), ahli materi sebesar 87 % (sangat valid) dan ahli bahasa sebesar 87 % (sangat valid). Hasil persentase keseluruhan 86,6% (sangat valid). Hasil respon guru dan siswa dinyatakan sangat praktis yaitu 84 %. Selanjutnya pemahaman siswa pada materi bangun ruang sisi datar yang dilihat dari hasil pretest dan posttest menggunakan N-Gain Score dengan hasil 0,53 yakni kategori sedang (efektif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Dr. Anita Adinda, M.Pd. |
Keywords: | Peserta Didik; Buku Saku; Augmented Reality; Media Pembelajaran; Matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 04:21 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 07:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |