Siregar, Hesti (2024) Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 26 Sampean Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500195.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu peneliti menjumpai Guru di Sekolah Dasar Negeri 26 Sampean Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan bahwa guru kurang mampu dalam menggunakan teknologi sehingga guru kesulitan dalam membuat modul ajar dan sarana dan prasarana yang kurang memadai.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Apa Problematika Guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 26 Sampean Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan? Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dimana penelitian deskriptif ini merupakan penelitian yang berusaha untuk mendeskriptikan suatu peristiwa, gejala, atau kejadian yang sedang terjadi. subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru wali kelas IV Sekolah Dasar Negeri 26 Sampean teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data yaitu perpanjang pengamatan, dan ketekunan pengamatan. Adapun pengolahan dan analisis data yaitu redukasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Penerapan kurikulum merdeka belajar di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 26 Sampean ialah Kurikulum merdeka belajar ini ditetapkan disini itu mulai tahun ajaran 2022/2023 dan untuk kelas I dan IV Sedangkan untuk kelas II, III, V dan VI masih menggunakan kurikulum 2013. Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar dari segi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Adapun beberapa permasalahan yang dihadapi guru dari segi perencanaan ialah yakni guru masih kurang mampu dalam menggunakan laptop dengan baik, maka kesulitan dalam membuat modul aja. Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka dari segi pelaksanaan ialah kurangnya sarana dan prsarana berupa infocus sehingga kurang maksimal dalam proses pembelajaran. Adapun problematika guru dalam menerapkan kurikum merdeka belajar dari segi penilaian pembelajaran ialah dalam melakukan asesmen pada pembelajaran kurikulum merdeka belajar yang menjadi kendala itu menentukan asesmen apa yang cocok dengan materinya dan menentukan asesmen pada pembelajaran proyek agar tujuan pembelajaran tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
Keywords: | Probelmatika; Guru; Kurikulum merdeka belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 06:48 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 06:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |