Harahap, Nurhabiba (2018) Pelaksanaan metode demonstrasi pada pokok bahasan fardhu kifayah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Al-Muttaqin Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00151.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Adapun latar belakang masalah sehingga peneliti mengangkat judul Pelaksanaan Metode Demonstrasi Pada Pokok Bahasan Fardhu Kifayah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Al-Muttaqin Sosopan Kabupaten Padang Lawas, bahwa masih banyak siswa yang kurang mampu dalam memahami materi tentang fardhu kifayah, sehingga berdampak negatif terhadap kemampuan siswa dalam mempraktekkan cara fardhu kifayah dengan benar. Karena pada proses pengajaran materi tentang fardhu kifayah tersebut, guru hanya menerapkan metode ceramah saja, sehingga banyak siswa kurang dalam memahami cara melaksanakan fardhu kifayah, siswa banyak yang tidak dapat melaksanakan langkah-langkah fardhu kifayah seperti memandikan, mengkafani, mensholatkan dan menguburkan. Rumusan Masalah penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode demonstrasi pada materi pokok bahasan fardhu kifayah di MTs Al-Muttaqin Sosopan Kabupaten Padang Lawas. serta tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan metode demonstrasi pada materi pokok bahasan fardhu kifayah di MTs Al-Muttaqin Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tindakan. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan metode demonstrasi pada pokok bahasan fardhu kifayah dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Al-Muttaqin Sosopan Kabupaten Padang Lawaspada mulanya dapat dinilai dengan cukup. Namun dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menjadikan hasil belajar siswa semakin meningkat pada pokok bahasan fardhu kifayah. Hal ini dapat dinyatakan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fardhu kifayah dilihat berdasarkan ketuntasan belajar siswa. Langkah awal pada prasiklus yang dilakukan oleh peneliti hasil belajar siswa mencapai 66,66. Pada tindakan siklus I meningkat menjadi 80, sedangkan pada tes tindakan siklus II mencapai 96,66, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi pada pokok bahasan fardhu kifayah benar-benar meningkat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembelajaran; fardhu kifayah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 03 May 2020 14:48 |
Last Modified: | 03 May 2020 14:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1181 |
Actions (login required)
View Item |