Nainggolan, Erpiana (2018) Persepsi konsumen muslim terhadap sertifikat halal pada produk warung pecal suroboyo (WPS) Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 102 00047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Selama penulis melakukan penelitian di Warung Pecal Suroboyo (WPS), melalui wawancara dengan beberapa konsumen muslim ternyata tidak pernah menanyakan tentang sertifikat halal yang dapat dijadikan sebagai jaminan kehalalan. Berdasarkan perilaku konsumen muslim tersebut penulis berfikir bahwa mayoritas konsumen muslim berpersepsi bahwa sertifikat halal tidak penting, padahal sebagai konsumen muslim yang jeli seseorang harus selektif dalam memilih makanan di luar rumah apakah sudah benar-benar halal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana persepsi konsumen muslim terhadap sertifikat halal pada produk Warung Pecal Suroboyo (WPS) Kota Padangsidimpuan?”, konsumen muslim dianggap berpersepsi penting terhadap adanya sertifikat halal apabila mengetahui fungsi dan keberadaan sertifikat halal pada perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan teknik pengambilan sampel secara snowball karena peneliti mengambil informan dengan pertimbangan bahwa informan tersebut mewakili suara konsumen muslim lain yang berprofesi sama. Hasil wawancara tersebut telah peneliti analisis dan mendapatkan kesimpulan yaitu konsumen muslim di Warung Pecal Suroboyo (WPS) berpersepsi bahwa sertifikat halal itu tidak penting. Konsumen muslim atau informan tidak tahu di Warung Pecal Suroboyo (WPS) ada sertifikat halalnya atau tidak, informan juga tidak pernah menanyakan tentang jaminan halal pada produk, ada informan tidak mengetahui apakah maksud dari sertifikat halal dan ada informan yang mengetahui maksud dari sertifikat halal tetapi tidak memperdulikannya. Konsumen muslim berpersepsi (beranggapan) bahwa produk Warung Pecal Suroboyo (WPS) adalah halal dengan melihat pemilik/penjualnya adalah muslim, karyawannya memakai jilbab dan konsumen juga beranggapan produk yang dijual pada umumnya berbahan halal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ahmatnijar, M.Ag dan Dermina Dalimunthe, MH |
Keywords: | Persepsi Konsumen Muslim; Sertifikat Halal |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar) |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 04 May 2020 01:53 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 03:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1177 |
Actions (login required)
View Item |