Husin, Amirullah (2024) Hubungan antara efektivitas penerapan kurikulum 2013 dengan pembentukan karakter peserta didik di MIN 3 Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1820500132 - Copy - Amirullah Husin.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi sejumlah fakta dan anggapan masyarakat tentang menurunnya kualitas sikap dan moral peserta didik atau moral generasi muda. Fakta lain dalam kehidupan nyata ini tidak hanya satu atau dua masalah saja yang ditemukan dalam masyarakat kita, tetapi banyak sekali para peserta didik yang tidak memahami fungsi dan tanggungjawabnya sebagai peserta didik. Misalnya, banyak peserta didik yang melakukan pelanggaran seperti tawuran antar sekolah, narkoba dan bahkan melakukan kekerasan karena ada rasa dendam yang dipicu oleh saling olok-mengolok antar peserta didik satu dengan yang lain. Hal ini secara tidak langsung menggambarkan betapa rendahnya nilai karakter peserta didik tersebut. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, pemerintah membuat kebijakan dengan menerapkan kurikulum 2013 untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (M1)/Sekolah Dasar (SD) lembaga-lembaga pendidikan ini dituntut untuk mengedepankan pendidikan berbasis karakter dengan tujuan agar dapat dibangun karakter peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara efektifitas penerapan kurikulum 2013 dengan Perkembangan Karakter Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Padang Lawas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan Angket (Kuisioner). Sumber data yang digunakan adalah data utama yaitu berupa peserta didik sebanyak 33 orang kelas 6 MIN 3 Padang Lawas. Berkaitan dengan instrumen penelitian, selanjutnya dikembangkan pula instrumen (angket) yang sudah dirancang (desain) melalui uji validitas (keabsahan) dan reliabilitas (keterandalan). Tahap-tahapan Analisis Data dalam penelitian ini adalah Persiapan, Tabulasi, dan perenerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Asnah, M.A dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Kurikulum; Peserta Didik; Karakter |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 07:41 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 07:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |