Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kemampuan literasi numerasi dalam menyelesaikan soal tipe AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) ditinjau dari pengetahuan metakognisi siswa di Kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Afni, Azti Rizka (2024) Analisis kemampuan literasi numerasi dalam menyelesaikan soal tipe AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) ditinjau dari pengetahuan metakognisi siswa di Kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa yang ditinjau dari pengetahuan metakognisi. Siswa dengan kemampuan literasi numerasi yang baik dapat memecahkan suatu masalah dengan melibatkan pengetahuan dan keterampilan matematis yang dimilikinya untuk menganalisisis informasi yang diberikan sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dalam penyelesaian masalah. Kemampuan literasi numerasi dalam pembelajaran matematika dapat ditinjau dari pengetahuan metakognisi. Dengan pengetahuan metakognisi, siswa dapat dengan mudah mengontrol dan mengatur proses berpikirnya terhadap apa yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan literasi numerasi yang ditinjau dari pengetahuan metakognisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan dalam menyelesaikan soal tipe AKM pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan melalui tes, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa yang memiliki dominasi pengetahuan deklaratif tergolong mampu dalam kemampuan menganalis informasi dari grafik, tabel, bagan, diagram, gambar, dll; cukup mampu dalam kemampuan menggunakan simbol atau berbagai macam angka yang terkait dengan matematika dasar dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari; dan tidak mampu dalam keterampilan menafsirkan hasil analisis untuk mengambil keputusan yang tepat. Sedangkan kemampuan literasi numerasi siswa yang memilki dominasi pengetahuan deklaratif tergolong mampu dalam kemampuan menganalis informasi dari grafik, tabel, bagan, diagram, gambar, dll; cukup mampu dalam kemampuan menggunakan simbol atau berbagai macam angka yang terkait dengan matematika dasar dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari; dan cukup mampu dalam keterampilan menafsirkan hasil analisis untuk mengambil keputusan yang tepat. Sedangkan kemampuan literasi numerasi siswa yang memilki dominasi pengetahuan kondisional tergolong mampu dalam kemampuan menganalis informasi dari grafik, tabel, bagan, diagram, gambar, dll; mampu dalam kemampuan menggunakan simbol atau berbagai macam angka yang terkait dengan matematika dasar dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari; dan mampu dalam keterampilan menafsirkan hasil analisis untuk mengambil keputusan yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anita Adinda, M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Kemampuan literasi numerasi; Pengetahuan metakognisi; AKM; Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:56
Last Modified: 12 Mar 2025 07:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11667

Actions (login required)

View Item View Item