Siregar, Apriliani Laila Rosa (2024) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan daya serap siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas viii di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1920100145.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Rantau Selatan masih terdapat siswa yang belum mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Hal ini terbukti, ketika guru pendidikan agama Islam menjelaskan pelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih terdapat siswa yang kurang paham dan kurang mengerti dari penjelasan guru tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah upaya apa saja yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan daya serap siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu dan apa saja kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan daya serap siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Apa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan daya serap siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu suatu metode yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Instrument pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan daya serap siswa yaitu dengan cara memberikan motivasi belajar, merancang media pembelajaran yang efektif, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, pendalaman materi, pendalaman evaluasi dan memberikan reward atau punishment. Sedangkan kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan daya serap siswa yaitu lingkungan yang tidak kondusif, kurangnya waktu pelajaran, penempatan duduk siswa tidak sesuai dengan faktor fisik siswa, kurangnya minat siswa terhadap materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan gizi siswa yang kurang baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag dan Prof. Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd |
Keywords: | Upaya; Guru Pendidikan Agama Islam; Daya Serap |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:28 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 07:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11664 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |