Azizah, Nur (2024) Peran organisasi ma’had dalam menjalankan pendidikan idhofah di Pesantren Al-Bi’satul Islamiyah Simpang Suga Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1920100205.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul, Peran Organisasi Ma’had dalam Menjalankan Pendidikan Idhofah di Pesantren Al-Bi’satul Islamiyah Simpang Suga Kabupaten Mandailing Natal. peran adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang atau banyak orang dalam kedudukan tertentu, yang dapat melaksanakan suatu tugas karena kedudukannya yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi kerja dalam ber organisasi. seperti pada penelitian Organisasi Ma’had dalam Menjalankan Pendidikan Idhofah di Pesantren Al-Bi’satul Islamiyah Simpang Suga Kabupaten Mandailing Natal yang jadwal kegiatannya sangat padat namun mereka bisa mengikutinya dengan baik, tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui apa peran organisasi ma’had dalam menjalankan pendidikan Idhofah di pesantren Al-Bi’ satul Islamiyah dan Untuk mengetahuiapa saja faktor yang mempengaruhi organisasi ma’had dalam menjalankan pendidikan Idhofah di pesantren Al-Bi’ satul Islamiyah.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data penulis yaitu data primer yang bersumber dari Ustadzah, kesiswaan sekolah, pengurus organisasi,dan santriyah pondok pesantren Al-Bi’satul Islamiyah dan data sekunder, yaitu berasal dari buku, Jurnal dan pelengkap lainnya. Hasil dari penelitian tentang peran organisasi ma’had dalam menjalankan pendidikan Idhofah di pesantren Al-Bi’ satul Islamiyah ini dapat diketahui bahwa Organisasi Ma’had dalam pendidikan Idhofah ini, jika dilihat secara individu banyak santriyah yang merasa terbantu dengan adanya kegiatan di luar pendidikan formal atau pada pendidikan umumnya.pendidikan idhofah ini dilakukan dari hari senin-jum’at.pendidikan idhofah ini dilakukan antara kakak senior dengan adek senior.berdasarkan hasil wawancara di pesantren faktor pendukung dalam meningkatkan organisasi ma’had dalam menjalankan pendidikan idhofah ini adalah adanya arahan, dukungan dan motivasi kerja sama dari mudir dan kesiswaan sekolah. Sedangkan faktor penghambat dalam menjalankan organisasi ma’had yaitu adanya sebagian dari santriyah yang belum terbiasa untuk mondok jadi terkadang susah diatur
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Rosimah Lubis, M.Pd dan Anwar Habbibi Siregar, M.A.Hk |
Keywords: | Organisasi Ma'had; pendidikan Idhofah; Santriyah; pesantren; Kualitatif; Deskriptif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:20 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 07:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |