Junita, Junita (2024) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di Madrasah Diniyah Awaliyah Kubangan Tompek Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1920100209.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian Skripsi ini mengkaji tentang Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa di Madrasah Diniyah Awaliyah Kubangan Tompek Kabupaten Mandailing Natal". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di Madrasah Diniyah Awaliyah Kubangan Tompek Kabupaten Mandailing Natal. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu hasil wawancara dengan informan dari Madrasah Diniyah Awaliyah Kubangan Tompek Kabupaten Mandailing Natal, yakni kepala sekolah, guru-guru, dan siswa Madrasah Diniyah Awaliyah Kubangan Tompek Kabupaten Mandailing Natal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di Madrasah Diniyah Awaliyah Kubangan Tompek Kabupaten Mandailing Natal adalah: 1) memberikan pembiasaan membaca al-qur’an 2) memperkenalkan huruf hijaiyah melalui gambar 3) memberikan pelatihan kepada siswa 4) memulai dengan surat pendek. Faktor pendukungnya adalah orang tua, guru madrasah dan lingkungan. Faktor penghambatnya adalah kurangnya disiplin dan pengaruh teknologi. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur'an siswa sudah cukup baik. Guru telah menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Namun, perlu adanya peningkatan dalam pengawasan dan pemantauan berkelanjutan terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Fauziah Nasution, M.Ag dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi |
Keywords: | Strategi Guru; Kemampuan Membaca Al-Qur’an; Madrasah Diniyah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:14 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 07:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11662 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |