Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model inquiry based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks siswa kelas x di MAS Al-Khoir

Nasution, Annisa (2024) Penerapan model inquiry based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks siswa kelas x di MAS Al-Khoir. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020700006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Bagaimana Penerapan Model Inquiry Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Reaksi Redoks Untuk Kelas X Mas Al-Khoir Desa Mananti Sosa Jae, Kecamatan. Huta Raja Tinggi, Kabupaten. Padang Lawas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah di Mas Al-Khoir Desa Mananti Sosa Jae, Kecamatan. Huta Raja Tinggi, Kabupaten. Padang Lawas. Instrumen pengumpulan data yaitu melalui tes dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model inquiry based learning materi reaksi redoks siswa kelas X dari pra siklus, siklus I sampai siklus II. Dimana persentase pada pra siklus siswa yang tuntas 25%, kemudian meningkat pada siklus I pertemuan 1 menjadi 33,4%, kemudian pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 60%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86,7%. Persentase yang tidak tuntas menurun dari pra siklus 75%, menurun pada siklus I pertemuan 1 menjadi 66,6%, kemudian menurun pada siklus I pertemuan 2 menjadi 40%, dan pada siklus II menurun menjadi 13,3%. Nilai rata- rata siswa mengalami peningkatan dari prasiklus 54,3, kemudian meningkat pada siklus I 59,3 menjadi 68, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80. Sesuai dengan indikator keberhasilan tindakan ini, dimana siswa sudah melewati KKM (≥75) dengan nilai rata-rata 80 dan memenuhi nilai ketuntasan klasikal 85% dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 86,7%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model inquiry based learning pada materi reaksi redoks siswa kelas X MAS Al-Khoir dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar; Inquiry based learning; Reaksi redoks
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Mar 2025 03:10
Last Modified: 12 Mar 2025 03:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11660

Actions (login required)

View Item View Item