Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar matematika untuk siswa Kelas IV di SD Negeri 0211 Pangirkiran Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Siti Hoiriyah (2024) Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar matematika untuk siswa Kelas IV di SD Negeri 0211 Pangirkiran Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500140.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah mengenai rendahnya hasil belajar matematika siswa di kelas IV di SD Nege ri 0211 Pangirkiran. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode konvensional saat belajar yang membuat siswa tidak memperhatikan guru saat menjelaskan pembelajaran. Sehingga peserta didik kurang mampu memahami materi pelajaran dan mengakibatkan siswa tidak terlalu aktif dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 0211 Pangirkiran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain True Eksperimental Design dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 0211 Pangirkiran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Intstrumen penelitian me nggunakan tes uraian. Pengolahan data dan analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan uji persyaratan analisis data diproleh kedua kelas berdistribusi normal dan homogen dan memiliki perbedaan rata-rata. Berdasarkan dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 72,66 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 65,45 artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada nilai rata-rata posttest kelas kontrol. Berdasarkan penyajian dan analisis data yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara thitung dengan ttabel. Dari Hasil perhitungan uji t yang dilakukan diproleh thitung = 3,116 > ttabel = 1,998 dengan tarif signifikan 5% dan dkn = (32+33)-2= 63 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa materi bangun datar di kelas IV SD Negeri 0211 Pangirkiran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran Snowball Throwing
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Feb 2025 08:27
Last Modified: 28 Feb 2025 09:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11647

Actions (login required)

View Item View Item