Harahap, Asni Wati (2024) Pembinaan akhlak di MTs Al-Islamiyah Gunung Raya Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020100271.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Berbicara masalah pembinaan sama dengan berbicara pada tujuan pendidikan Islam. Pembinaan merupakan suatu kegiatan mempertahankan dan menyempurnakan apa yang telah ada dilakukan secara berulang-ulang. Pembinaan akhlak juga harus diberikan kepada anak sejak usia dini serta harus dilakukan oleh pihak -pihak terkait seperti orang tua, lembaga pendidikan, pemerintah maupun pihak-pihak lain, agar mereka dapat memiliki seperti akhlak yang mulia sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW serta menjauhi akhlak yang buruk. Oleh karena itu, dalam pembinaan akhlak siswa sekolah dan dewan guru wajib memberikan suri tauladan dan senantiasa mencurahkan perhatiannya kepada peserta didik baik dari aspek pengetahuan, sikap dan perilaku serta keterampilan beribadah untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia sesuai dengan agama Islam. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan datanya penulis penulis menggunakan metode wawancara, observasi. Adapun sumber data primer dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru aqidah akhlak serta peserta didik MTs Al-Islamiyah Gunung Raya, sedangkan untuk data sekundernya penulis menggunakan buku-buku yang berkaitan dengan pembinaan akhlak anak. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwasanya dalam pembinaan akhlak peserta didik di MTs Al-Islamiyah Gunung Raya menggunakan metode-metode yang sesuai seperti melalui keteladanan, pembiasaan, nasihat atau pemahaman. Namun, dalam penelitian penulis menemukan bahwa proses pembinaan akhlak peserta didik di MTs Al-Islamiyah Gunung Raya ini adalah dari personal diri pribadi peserta didik dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya. Jadi peserta didik masih melakukan penyimpangan perilaku karena kurangya pertahanan diri peserta didik dalam mengikuti perkembangan zaman sehingga mudah terpengaruh oleh teman,rendahnya perhatian orang tua peserta didik dalam proses pembinaan kepribadian,latar belakang keluarga yang kurang harmonis (broken home) dan ekonomi lemah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A. dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A. |
Keywords: | Pembinaan Akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:39 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 03:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |