Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 04 Kualuh-Hulu Kecamatan Kualuh-Hulu Kabupaten Labuhan Batu Utara

Panjaitan, Mirna Dewi (2024) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 04 Kualuh-Hulu Kecamatan Kualuh-Hulu Kabupaten Labuhan Batu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahasa tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam dalm Mengelola Kelas di SMP Negeri 04 Kualuh-Hulu. Kecamatan Kualuh-Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini yaitu penelitaian kualitatif yang bersifat naturalistic. Rumusan masalah peneliti yaitu bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam mengelola kelas di smp negeri 04 kualuh hulu. Sumber penelitian terdiri dari sumber primer dan sukunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada 5 strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di smp negeri 04 kualuh hulu. Yaitu pertama strategi pengelolaan ruang belajar yaitu peraturan guru Pendidikan Agama Islam sesuai dengan kebutuhan metode pembelajaran saat menetapkan diskusi ruang belajar sesuai jumlah metode kelompok siswa Kedua, strategi pengelolan siswa yaitu peraturan mengunakan data base (preseusi) mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang ada di dalam kelas Ketiga, strategi pengelolan kegiatan belajar yaitu peraturan ke displin tepat waktu dalam aktivitas proses pembelajaran berlangsung Keempat, strategi pengelola isi/ materi pembelajaran yaitu peraturan yang sesuai dengan pemaham yang sampaikan guru Pendidikan Agama Islam dengan mengunakan sumber yang ada Kelima, strategi pengelolaan evaluasi pembelajaran yaitu mengelola perilaku siswa, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dan membangun hubungan yang baik antara guru dan siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A. dan Dr. Almira Amir, M.Si
Keywords: Strategi; Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Feb 2025 08:51
Last Modified: 03 Mar 2025 01:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11621

Actions (login required)

View Item View Item