Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru membina nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada siswa di MTs Negeri I Padang Lawas Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas

Nasution, Salsabila (2024) Upaya guru membina nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada siswa di MTs Negeri I Padang Lawas Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini bahwa di MTs Negeri I Padang Lawas pada saat azan berkumandang anak-anak sudah bersiap-siap untuk menuju mesjid untuk sholat, namun sebagian anak-anak tidak menuju ke mesjid akan tetapi masih berkeliaran di sekitar lingkungan sekolah dan tidak melaksanakan sholat Dzuhur secara berjamaah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana upaya guru membina nilai-nilai pendidikan Agama Islam kepada siswa di MTs Negeri I Padang Lawas Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas, Apa kendala yang dihadapi guru dalam membina nilai-nilai pendidikan Agama Islam kepada siswa di MTs Negeri I Padang Lawas Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Tujuan dalam penelian ini adalah Untuk mengetahui upaya guru membina nilai-nilai pendidikan Agama Islam kepada siswa di MTs Negeri I Padang Lawas Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas, Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam membina nilai-nilai pendidikan Agama Islam kepada siswa di MTs Negeri I Padang Lawas Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian lapangan (field Reseach). Subjek dalam penelitian ini adalah guru di sekolah MTs Negeri I Padang Lawas Kecamatan Brumun Kabupaten Padang Lawas. dan sebagai sumber pendukung dalam penelitian ini adalah buku, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Reduksi Data, Pengajian Data, dan Menarik Kesimpulan. Teknik penjamin kebasahan data dalam penelitian ini adalah perpanjangan waktu penelitian dan Triangulasi. Hasil penelitian analisis data wawancara, penulis menemukan bahwa Upaya guru dalam membina nilai-nilai pendidikan Agama Islam adalah melalui pembelajaran, pembinaan dengan kebiasaan, melalui nasihat, melalui pengawasan, ganjaran dan hukuman, pembentukan budaya sekolah dan keteladanan. Kendala Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina nilai-nilai pendidikan Agama Islam kepada siswa adalah kurangnya kesadaran siswa ( malas), kurangnya kepedulian siswa terhadap kegiatan keagamaan, pengaruh lingkungan, kurangnya waktu, banyaknya siswa, masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Latifa Annum Dalimunthe, S.Ag., M.Pd.I
Keywords: Upaya Guru; Membina Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040306 Islamic philoshophy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Feb 2025 08:25
Last Modified: 26 Feb 2025 02:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11618

Actions (login required)

View Item View Item